7 Cara ampuh hemat kuota data di Android


Di kesempatan kali ini saya akan berbagi tips supaya Android kalian hemat kuota.


kita pasti tahu kalau internet sudah menjadi kebutuhan yang sudah tidak bisa kita lepaskan.malahan sudah seperti makanan sehari hari, Bahkan kalau nggak ketemu sehari aja bisa bikin mood kamu berantakan. Ngaku aja deh.



untuk itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghemat kuota internet smartphone android, penasaran? yuk intip rangkumanya dibawah ini.




1.Matikan Fitur Notifikasi



setiap aplikasi atau game yang terinstal di hp android secara otomatis fitur notifikasinya sudah aktif jadi jika kalian ingin kuota nya tidak boros saya sarankan mematikan fitur notifikasi tersebut

caranya adalah dengan masuk ke Pengaturan >> Manager Aplikasi >> pilih aplikasi atau game yang ingin kamu nonaktifkan >> dan hilangkan centang pada tampilkan notifikasi.

2.Gunakan fitur "Data saver" di aplikasi google crome


bagi kalian yang suka browsing menggunakan Chrome ternyata ada juga cara agar lebih hemat yaitu dengan mangaktifkan Data Saver. dengan ini Browser Chrome akan mengcompress setiap data laman web yang masuk lumayankan jadi agak irit kuota .

untuk mengaktifkan fitur ini silahkan masuk ke Chrome >> pilih Setelan >> penghemat data >> dan pilih Aktifkan.


3.Uninstal aplikasi yang banyak makan kuota


Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Jika sudah begitu maka kuota lah korban nya .sebaiknya kalian harus lakukan pengecekan terhadap beberapa aplikasi yang sangat boros dengan kuota.

Caranya kalian pergi ke Pengaturan >> Penggunaan Data >> Scroll kebawah dan lihat daftar aplikasi yang menyedot data sangat banyak.

4.Batasi update aplikasi otomatis hanya jika terhubung ke wifi


Jika kalian menggunakan aplikasi dari Play Store, maka HP kalian akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal . Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. 

Masuk ke PlayStore >> pilih Setelan >> tap atur pada pilihan "perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui WIFI".

5.Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.


Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

6.Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.


untuk fitur ini penting sekali kita melakukan pengaturan batas agar kuota yang kita gunakan bisa ditekan seminimal mungkin. caranya gampang 

masuk ke Pengaturan >> pilih Penggunaan Data >> centang pada Data Seluler >> dan atur batas sesuai yang kamu inginkan.

7.Matikan data seluler ketika kita tidur


Ternyata ketika kita sedang beristirahat atau tidur apabila data handphone di nyalakan ternyata bisa memakan kuota sekita 10 % - 20% . 
Karna android selalu terhubung ke internet dan selalu mengunduh notifikasi dari game atau aplikasi lainnya.
Maka sebaiknya apabila kita sedang beristirahat mending data nya di matikan agar hemat kuota.

caranya masuk ke Pengaturan >> pilih Penggunaan Data >> hilangkan centang pada Data Seluler.



Sekian tips dari saya agar hemat kuota , kunjungi arrikel saya yang lainnya semoga bermanfaat .

0 Response to "7 Cara ampuh hemat kuota data di Android"

Post a Comment